SILABUS FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 2 - Hei, Welcome To Xivan Post Blog, In this page, I Will inform you about SILABUS FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 2, I hope you can enjoy reading this
Article FISIKA, it's the result of automatic content collection, To remind these info on the post review SILABUS FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 2 it's advisable to be distributed to social media, I hope Helpful, view more clearly direct the info below.
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK ISLAM CIAWANG
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan konsep usaha/daya dan energi
KODE KOMPETENSI : 4
ALOKASI WAKTU : 16 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
4.1 Menguasai konsep usaha/daya dan energi | · Usaha daya dan energi | · Berdiskusi untuk membuktikan bahwa usaha adalah hasil kali gaya dan perpindahan secara matematis dari hukum II Newton · Berdikusi untuk menguraikan energi mekanik tersusun dari energi potensial dan energi kinetik · Berdikusi untuk membandingkan kesetaraan energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik · Mengunakan rumusan usaha, energi kinetik dalam memecahkan masalah sehari-hari | · Konsep usaha sebagai hasil kali gaya dan perpindahan dibuktikan melalui persamaan matematis · Usaha yang dilakukan sama dengan perubahan energi kinetik pada benda dihitung dengan menggunakan rumus · Energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik dibandingkan secara kuantitatif | · Observasi/ pengamatan · Tugas individu · Tugas kelompok | 8 | - | - | · Buku pelajaran · LKS · Lingkungan sekolah |
4.2. Menguasai hukum kekekalan energi | · Hukum kekekalan energi | · Berdiskusi untuk merumuskan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif · Berdiskusi untuk menerapkan hukum kekekalan energi dalam pemecahan masalah sehari-hari | · Hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif dirumuskan secara matematis · Penerapan konservasi energi diuraikan secara kuantitatif dan kualitataif | · Observasi/ pengamatan · Tugas individu · Tugas kelompok | 4 | - | - | · Buku pelajaran · LKS · Lingkungan sekolah |
4.3. Menghitung usaha/daya dan energi | · Usaha, daya, dan energi | · Berdiskusi untuk merumuskan usaha, daya dan energi kedalam bentuk persamaan matematik · Menentukan besarnya usaha dari grafik gaya terhadap perpindahan | · usaha, energi dan daya disintisis ke dalam persamaan matematis · usaha, energi dan daya dihitung ke dalam persamaan matematis | · Observasi/ pengamatan · Tugas individu · Tugas kelompok | 4 | - | - | · Buku pelajaran · LKS · Lingkungan sekolah |
NAMA SEKOLAH : SMK ISLAM CIAWANG
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan konsep impuls dan momentum
KODE KOMPETENSI : 5
ALOKASI WAKTU : 18 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
5.1. Mengenali jenis tumbukan | · Tumbukan | · Melakukan diskusi untuk mengidentifikasi jenis-jenis tumbukan · Menyebutkan contoh-contoh tumbukan lenting sempurna, lenting sebagian, dan tak lenting · Melakukan diskusi untuk menjelaskan pengertian dari koefisien restitusi. | · Pengertian tumbukan tak lenting, lenting sebagian, dan lenting sempurna dideskripsikan · Jenis-jenis tumbukan (tidak lenting, lenting sebagian, dan lenting sempurna) diidentifikasi contoh-contohnya | · Observasi/ pengamatan · Tugas kelompok | 4 | - | - | · Buku pelajaran · LKS · Lingkungan sekolah |
5.2. Menguasai konsep impuls dan hukum kekekalan momentum | · Impuls dan hukum kekekalan momentum | · Memformulasikan konsep impuls dan momentum serta keterkaitan antara keduanya · Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar · Mendemonstrasikan peristiwa tumbukan dengan menggunakan bola besar (bola volly, basket) dan bola kecil (bola tenis). Mencari bentuk tumbukan yang menghasilkan simpangan paling besar. | · Konsep impuls dan momentum dan hubungannya diformulasikan dalam persamaan matematis · Hukum kekekalan momentum diformulasikan dalam persamaan matematis · Arti fisis impuls dan momentum didemontrasikan | · Observasi/ pengamatan · Tugas kelompok | 2 | 6 | - | · Buku pelajaran · LKS · Lingkungan sekolah · Internet · Bola voly · Bola basket · Meteran |
5.3. Menerapkan hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan | · Penerapan impuls dan hukum kekekalan momentum | · Berdiskusi untuk mencari contoh penerapan prinsip kekekalan momentum untuk menyelesaian masalah yang menyangkut interaksi melalui gaya-gaya internal · Melakukan kerja kelompok untuk menggunakan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum pada berbagai peristiwa tumbukan | · Hukum kekekalan momentum anguler diterapkan dalam berbagai kondisi · Hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum diintegrasikan untuk berbagai peristiwa tumbukan · Prinsip kekekalan momentum diterapkan untuk menyelesaikan masalah yang menyangkut interaksi gaya-gaya internal | · Observasi/ pengamatan · Tugas kelompok | 6 | - | - | · Buku pelajaran · LKS · Lingkungan sekolah |
NAMA SEKOLAH : SMK ISLAM CIAWANG
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Menginterpretasikan sifat mekanik bahan
KODE KOMPETENSI : 6
ALOKASI WAKTU : 18 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
6. 1 Menguasai konsep elastisitas bahan | · Elastisitas bahan | · Melakukan diskusi untuk mendeskripsikan pengertian rapat massa dan berat jenis · Melakukan percobaan untuk menentukan rapat massa beberapa jenis benda (bola logam, balok kayu, kelereng, dll) dengan menggunakan neraca dan gelas ukur · Melakukan diskusi untuk merumuskan persamaan matematis dari rapat massa dan berat jenis. · Melakukan diskusi untuk mendeskripsikan dan merumuskan persamaan matematis dari tegangan dan regangan | · Konsep rapat massa, berat jenis dideskripsikan dan dirumuskan kedalam bentuk persamaan matematis · Rumusan matematis dari konsep rapat massa dan berat jenis diaplikasikan dalam perhitungan masalah FISIKA sehari-hari · Konsep tegangan dan regangan dideskripsikan dan dirumuskan kedalam bentuk persamaan matematis · Definisi elestisitas dideskripsikan dan dirumuskan persamaan matematisnya | · Observasi/ pengamatan · Tugas kelompok · Laporan prakti kum | 2 | 6 | - | · Buku pelajaran · LKS · Lingkungan sekolah · Benda (bola logam, balok kayu, kelereng, dll) · Neraca · Gelas ukur |
6. 2 Menguasai hukum Hooke | · Hukum Hooke | · Membaca literatur berdiskusi tentang hukum Hooke · Melakukan percobaan dengan menggunakan beberapa pegas dan beban untuk membuktikan hukum Hooke · Berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan konstanta pegas berdasarkan data hasil percobaan · Berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan konstanta pegas yang disusun seri, paralel, dan gabungan. | · Hukum Hooke tentang elastisitas bahan dianalisis dan dibuktikan melalui percobaan · Konstanta pegas ditentukan dari data percobaan · Konstanta pegas untuk susunan pegas seri, pararlel dan gabungan dianalisis dan dihitung dengan menggunakan rumusan matematika | · Observasi/ pengamatan · Tugas kelompok · Laporan prakti kum | 2 | 6 | - | · Buku pelajaran · LKS · Lingkungan sekolah · Internet · Beberapa jenis pegas · Statif · Beban · Neraca · Penggaris/ mistar |
6. 3 Menentukan kekuatan bahan | · Modulus elastisitas bahan | · Membaca literatur berdiskusi tentang modulus elastisitas · Berdiskusi dalam kelompok untuk membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan berdasarkan data berdasarkan data modulus elastisitasnya | · Konsep modulus elastisitas dianalisis dan dirumuskan persamaan matematisnya · Kekuatan bahan dianalisis berdasarkan modulus elastisitasnya | · Observasi/ pengamatan · Tugas kelompok | 2 | | | · Buku pelajaran · LKS · Lingkungan sekolah · Internet |
Similarly, the discussion about the article SILABUS FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 2, Hopefully with such a short review on the post SILABUS FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 2 this, You've really find information about what is needed now. If you feel bermanfaatt with their reviews here, do not forget to distribute to the people closest to you, the info service facility Share Share Facebook and Twitter are available on this site.
This time you're reading an article with the title SILABUS FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 2 with a url link address https://xivanpost.blogspot.com/2016/08/silabus-fisika-untuk-smk-kelas-x-tkj.html thanks for reading and do not forget to read the other reviews as well.