RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 3 - Hei, Welcome To Xivan Post Blog, In this page, I Will inform you about RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 3, I hope you can enjoy reading this
Article FISIKA, it's the result of automatic content collection, To remind these info on the post review RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 3 it's advisable to be distributed to social media, I hope Helpful, view more clearly direct the info below.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK ISLAM CIAWANG
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : X/ 1
Program Keahlian : TKJ
Alokasi Waktu : 16 X 45 menit
Kompetensi Dasar : 3.1 Memahami konsep gerak tranlasi dan rotasi.
3.2 Memahami konsep keseimbangan benda tegar
3.3 Menghitung gerak translasi dan rotasi.
3.4 Menghitung keseimbangan benda tegar.
Indikator :
· Gerak translasi dan gerak rotasi dirumuskan secara kuantitatif
· Pengaruh torsi diformulasikan pada kasus pengaruh torsi pada benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
Dibuat analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
· Momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar diformulasikan
Hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi diformulasikan dan diterapkan
· Dinamikarotasi benda tegar dianalisis untuk berbagai kondisi
Gerak menggelindingtanpa slip dianalisis
· Jenis-jenis keseimbangan benda tegar dideskripsikan
Berbagai bentuk susunan benda tegar dirumuskan keseimbangannya
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan gerak rotasi dan translasi
2. Siswa dapat menjelaskan momen gaya, momen inensia, momen kopel, dan titik berat.
3. Siswa dapat menguraikan gaya-gaya.
4. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis kesetimbangan.
5. Siswa dapat hafal dan mengerti rumus-rumus momen inersia dan titik berat berdasarkan bentuk benda.
6. Siswa dapat menentukan besarnya tegangan tali.
7. Siswa dapat menentukan besarnya usaha dan energi kinetik.
8. Siswa dapat menerapkan rumus dalam perhitungan.
9. Siswa dapat menerapkan pemahaman dalam praktikum.
A. Pendidikan Karakter Bangsa
1. Teliti
2. Kerja keras
3. Rasa ingin tahu
4. Bertanggung jawab
B. Materi Pembelajaran
1. Konsep Gerak Translasi dan Rotasi
a. Perbedaan Gerak Translasi dan Rotasi
Percepatan total:
atot =
b. Titik Pusat Rotasi dan Momen Inersia
Momen inersia dari suatu partikel adalah hasil kali antara massa dengan kuadrat jarak terhadap sumbu putarnya.
I = mr2
Untuk benda tegar yang disusun oleh banyak partikel.
I =
Momen inersia dipengaruhi oleh bentuk benda, massa benda dan letak sumbu putarnya.
Kopel
Ialah suatu sistem yang terdiri dari dua gaya sejajar berlawanan arah dan sama besar, tetapi tidak setitik tangkap. Jumlah momen kedua gaya dari kopel terhadap titik sembarang disebut momen kopel.
M = F · d
dengan:
M= momen kopel (Nm)
D = lengan kopel (m)
Momen kopel berharga positif (+) jika menyebabkan putaran benda searah dengan perputaran jarum jam.
Momen kopel berharga negatif (–) jika menyebabkan putaran benda berlawanan arah dengan putaran jarum jam.
c. Momen Gaya/Torsi
1) Momen gaya adalah ukuran keefektifan gaya yang dikerjakan pada benda untuk memutar benda tersebut terhadap suatu titik pokok tertentu. Momen gaya atau torsi merupakan suatu besaran vektor yang dihasilkan dari perkalian vektor d dan vektor gaya F.
t = F × d
2) Lengan torsi
Jika d sin =
Catatan
a) Torsi yang arah putarannya berlawanan dengan arah jarum jam bertanda negatif.
b) Torsi yang arah putarannya searah dengan arah jarum jam bertanda positif.
c) Jika suatu benda dikenai oleh dua gaya atau lebih maka torsi total:
2. Memahami Konsep Keseimbangan Benda Tegar
a. Syarat-syarat Keseimbangan
Syarat keseimbangan benda tegar, secara matematis dinyatakan:
1) Resultan gaya = 0
atau
2) Resultan torsi = 0
b. Keseimbangan Statis dan Dinamis
1) Keseimbangan stabil
2) Keseimbangan labil
3) Keseimbangan indeferen
c. Pusat Massa dan Titik Berat
Pusat massa dan titik berat suatu benda memiliki pengertian yang sama, yaitu suatu titik tempat berpusatnya massa/berat dari benda tersebut. Perbedaannya adalah letak pusat massa suatu benda tidak dipengaruhi oleh medan gravitasi, sehingga letaknya tidak selalu berhimpit dengan letak titik beratnya.
x0 =
y0 =
3. Menghitung Gerak Translasi dan Rotasi
a. Torsi dengan percepatan sudut
Torsi dapat menyebabkan suatu benda berotasi terhadap suatu poros tertentu.
Dirumuskan:
b. Energi kinetik rotasi
Jika benda berputar terhadap suatu poros maka benda tersebut memiliki energi kinetik rotasi.
Dirumuskan:
c. Energi kinetik benda yang menggelinding
Gerak menggelinding terjadi bila suatu benda tegar bergerak translasi dalam suatu ruang sambil berotasi.
Ek = Ektranslasi + Ekrotasi
C. Metode Pembelajaran
1. Presentasi
2. Diskusi
3. Praktikum
D. Langkah- langkah pembelajaran
Pertemuan Pertama
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.1 Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam b. Memeriksa kehadiran siswa c. Apersepsi § Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya § Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini § Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini d. Motivasi Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.1 Eksplorasi a. Siswa menyimakpresentasi guru tentang pengertian Gerak Translasi dan Rotasi. b. Siswa membaca buku referensi dan modul tentang pengertian Gerak Translasi dan Rotasi. c. Siswa membaca modul tentang syarat-syarat terjadinya Gerak Translasi dan Rotasi. 2.2 Elaborasi a. Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor terjadinya Gerak Translasi dan Rotasi. b. Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang besaran Gerak Translasi dan Rotasi yang dilakukan oleh suatu benda c. Siswa secara kreatif mengidentifikasi macam Gerak Translasi dan Rotasi 2.3. Konfirmasi a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa b. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi c. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa d. Menutup pelajaran | 20 Menit |
Pertemuan kedua
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.2 Pendahuluan: b. Guru mengucapkan salam a. Memeriksa kehadiran siswa b. Apersepsi § Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya § Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini § Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini c. Motivasi Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.1 Eksplorasi a. Siswa melakukan percobaan dengan menggunakan kit mekanika untuk melihat pengaruh torsi terhadap gerak rotasi benda b. Siswa berdiskusi untuk menemukan analogi hukum Newton tentang gerak translasi dan rotasi (gaya dan torsi, massa dan momen inersia, percepatan dan percepatan sudut, kecepatan dan kecepatan sudut) 2.2 Elaborasi a. Siswa secara kreatif mengidentifikasi pengaruh torsi terhadap gerak rotasi benda 2.3. Konfirmasi a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa b. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi c. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa d. Menutup pelajaran | 20 Menit |
Pertemuan ketiga
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.1 Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam b. Memeriksa kehadiran siswa c. Apersepsi § Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya § Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini § Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini d. Motivasi Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.1 Eksplorasi a. Siswa menyimakpresentasi guru tentang menghitung Gerak Translasi dan Rotasi b. Siswa membaca buku referensi dan modul tentang menghitung Gerak Translasi dan Rotasi c. Siswa membaca modul tentang menghitung Gerak Translasi dan Rotasi 2.2 Elaborasi a. Siswa secara kreatif mengidentifikasi contoh-contoh menghitung Gerak Translasi dan Rotasi b. Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang menghitung Gerak Translasi dan Rotasi c. Siswa secara kreatif mengidentifikasi menghitung Gerak Translasi dan Rotasi dalam kegiatan sehari-hari 2.3. Konfirmasi a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa b. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi c. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa d. Menutup pelajaran | 20 Menit |
Pertemuan keempat
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.1 Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam b. Memeriksa kehadiran siswa c. Apersepsi § Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya § Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini § Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini d. Motivasi Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.1 Eksplorasi a. Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan adanya perbedaan momen inersia untuk berbagai bentuk benda b. Siswa Berdiskusi untuk merumuskan momen inersia berbagai bentuk benda (persegi, segi tiga, silinder, kerucut, dll) 2.2 Elaborasi a. Siswa dikondisikan dalam kerja kelompok untuk membuktikan adanya perbedaan momen inersia untuk berbagai bentuk benda. b. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa c. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi d. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa d. Menutup pelajaran | 20 Menit |
Pertemuan kelima
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.1 Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam b. Memeriksa kehadiran siswa c. Apersepsi § Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya § Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini § Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini d. Motivasi Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.1 Eksplorasi a. Siswa menyimakpresentasi guru tentang Keseimbangan Benda Tegar. b. Siswa membaca buku referensi dan modul tentang Keseimbangan Benda Tegar c. Siswa membaca modul tentang Keseimbangan Benda Tegar 2.2 Elaborasi a. Siswa secara kreatif mengidentifikasi contoh-contoh Keseimbangan Benda Tegar b. Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang posisi benda yang yang berkaitan dengan Keseimbangan Benda Tegar 2.3. Konfirmasi a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa b. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi c. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa d. Menutup pelajaran | 20 Menit |
Pertemuan keenam
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.1 Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam b. Memeriksa kehadiran siswa c. Apersepsi § Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya § Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini § Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini d. Motivasi Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.1 Eksplorasi a. Siswa menyimakpresentasi guru tentang Keseimbangan Benda Tegar. b. Siswa membaca buku referensi dan modul tentang Keseimbangan Benda Tegar c. Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi jenis-jenis keseimbangan benda tegar (keseimbangan statis dan dinamis) 2.2 Elaborasi a. Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor Keseimbangan Benda Tegar b. Siswa dikondisikan dalam kerja kelompok untuk mencari titik pusat benda melalui praktikum sederhana 2.3. Konfirmasi a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa b. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi c. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa d. Menutup pelajaran | 20 Menit |
E. Alat dan sumber belajar
1. Modul FISIKA
2. Buku Pegangan Guru/ Siswa
3. Modul FISIKA
4. LKS
F. Tugas
1. Tugas terstruktur
2. Tugas Non terstruktur/ Tugas mandiri
3.
Tasikmalaya, Juli 2015
Kepala Seklolah GURU MAPEL
Sukirman, SE Dina Suci Wahyuni, S.Pd
Similarly, the discussion about the article RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 3, Hopefully with such a short review on the post RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 3 this, You've really find information about what is needed now. If you feel bermanfaatt with their reviews here, do not forget to distribute to the people closest to you, the info service facility Share Share Facebook and Twitter are available on this site.
This time you're reading an article with the title RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 3 with a url link address https://xivanpost.blogspot.com/2016/08/rpp-fisika-untuk-smk-kelas-x-tkj_11.html thanks for reading and do not forget to read the other reviews as well.