RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 2 - Hei, Welcome To Xivan Post Blog, In this page, I Will inform you about RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 2, I hope you can enjoy reading this
Article FISIKA, it's the result of automatic content collection, To remind these info on the post review RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 2 it's advisable to be distributed to social media, I hope Helpful, view more clearly direct the info below.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK ISLAM CIAWANG
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi Waktu : 10 X 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan hukum gerak dan gaya
Kompetensi dasar :
2.1 Menguasai konsep gerak dan gaya
2.2 Menguasai Hukum Newton.
2.3 Menghitung gerak lurus.
2.4 Menghitung gerak melingkar.
2.5 Menghitung gaya gesek.
Indikator :
§ Menjelaskan konsep gerak dan gaya
§ Menjelaskan hukum Newton
§ Menyelesaikan permasalahan GLB dan GLBB
§ Menyelesaikan permasalahan gerak melingkar
§ Menguasai Gaya
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan konsep gerak dan gaya
2. Siswa dapat menjelaskan tiga hukum pokok tentang gerak
3. Siswa dapat menerapkan hukum Newton dalam perhitungan baik di bidang datar licin, bidang miring licin, bidang vertikal dan sistem katrol
4. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan tentang gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan dan gerak vertikal
5. Siswa dapat menghitung periode, frekuensi, laju linier dan kecepatan sudut pada gerak melingkar beraturan
6. Siswa dapat melakukan perhitungan percepatan sentripetal, gaya sentripetal, aplikasi gaya sentripetal, dan gerak roda-roda
7. Siswa dapat menghitung gaya yang terjadi bila ada gerak relatif antara dua benda yang bersinggungan
B. Pendidikan Karakter Bangsa
1. Mandiri
2. Teliti
3. Kerja keras
4. Jujur
5. Komunkatif
6. Bertanggung jawab
C. Materi Pembelajaran
1. Gerak
a. Definisi Gerak Lurus, Perpindahan, dan Jarak
Pengertian gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari titik keseimbangan awal. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati.
Jarak adalah besaran skalar yang menyatakan bagaimana jauhnya sebuah benda telah bergerak.
Perpindahan adalah besaran vektor yang menyatakan seberapa jauh benda telah berpindah dari posisi awal.
Gerak lurus, adalah gerak pada suatu benda melalui lintasan garis lurus. Contohnya seperti gerak mobil, gerak jatuh buah apel, dan lain sebagainya. Gerak lurus dapat kita bagi lagi menjadi gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).
b. Definisi Kecepatan, Kecepatan Rerata, dan Kecepatan Sesaat
Kecepatan didefinisikan sebagai besarnya perpindahan tiap satuan waktu dan Kelajuan didefinisikan sebagai besarnya jarak yang ditempuh tiap satuan waktu.
Kecepatan rata-rata didefinisikan besarnya perpindahan yang ditempuh dibagi dengan jumlah waktu yang diperlukan selama benda bergerak.
vrata-rata =
c. Kecepatan dan Kelajuan
d. Definisi Percepatan
Pecepatan rata-rata didefinisikan sebagai laju perubahan kecepatan, atau perubahan kecepatan dibagi dengan waktu yang dibutuhklan selama perubahan tersebut.
a =
Sementara percepatan sesaat didefinisikan sebagai analogi dari kecepatan sesaat
a =
e. Gerak Lengkung
Memadu Gerak
GLB – GLB
1) vA =
2) Gerak Peluru
2. Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
a. Gerak Lurus Beraturan
Gerak lurus beraturan didefinisikan sebagai gerak suatu benda dengan kecepatan tetap.
Gerak lurus beraturan ialah gerak pada lintasan lurus dan kecepatannya tetap. Secara sistematis persamaan gerak lurus beraturan dinyatakan dengan:
s = v · t
dengan: s = jarak (m), v= kecepatan (m/s), t = selang waktu (s)
b. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda dengan lintasan yang lurus dan percepatannya tetap.
Persamaan percepatannya:
1) Dipercepat, jika percepatannya bernilai positif
vt = v0 + a · t
st = v0 · t + a · t2
vt2 = v02 + 2a · s
2) Diperlambat, jika percepatannya bernilai negatif
vt = v0 – a · t
vt = v0 – a · t
st = v0 · t – a · t2
vt2 = v02 – 2a · s
c. Gerak Vertikal
1) Gerak Jatuh Bebas
Gerak jatuh bebas merupakan gerak lurus berubah beraturan dipercepat dengan kecepatan awal nol (tanpa kecepatan awal). Benda yang jatuh bebas akan mendapatkan percepatan tetap yang sama tidak tergantung pada bentuk dan massa benda. Percepatan yang tetap disebabkan oleh medan gravitasi bumi (hambatan udara diabaikan).
2) Gerak Vertikal ke Atas
Gerak vertikal ke atas adalah gerak suatu benda yang dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan awal v0. Gerak vertikal ke atas termasuk gerak lurus berubah beraturan yang diperlambat.
Pada titik tertinggi vt = 0
hmax =
Jika benda yang dilempar ke atas kembali ke tempat melempar semula maka waktu untuk kembali ke tempat semula:
t =
3) Gerak Vertikal ke Bawah
Gerak vertikal ke bawah adalah gerak vertikal suatu benda yang dijatuhkan dari suatu ketinggian dengan kecepatan awal v0. Di sini v0 bertanda negatif.
D. Metode Pembelajaran
1. Presentasi
2. Diskusi
E. Langkah- langkah pembelajaran
Pertemuan Pertama
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.1 Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam b. Memeriksa kehadiran siswa c. Apersepsi § Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya § Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini § Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini d. Motivasi Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.1 Eksplorasi a. Siswa menyimakpresentasi guru tentang pengertian gerak. b. Siswa membaca buku referensi dan modul tentang pengertian konsep gerak. c. Siswa membaca modul tentang syarat-syarat terjadinya gerak 2.2 Elaborasi a. Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor terjadinya gerak b. Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang besaran gerak yang dilakukan oleh suatu benda c. Siswa secara kreatif mengidentifikasi macam gerak 2.3. Konfirmasi a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa b. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi c. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa d. Menutup pelajaran | 20 Menit |
Pertemuan kedua
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.1 Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam b. Memeriksa kehadiran siswa c. Apersepsi § Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya § Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini § Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini d. Motivasi Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.1 Eksplorasi a. Siswa menyimakpresentasi guru tentang hukum Newton. b. Siswa membaca buku referensi dan modul tentang hukum Newton c. Siswa membaca modul tentang hukum Newton 2.2 Elaborasi a. Siswa secara kreatif mengidentifikasi contoh-contoh hukum Newton b. Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang besar gaya yang yang berkaitan dengan hukum Newton c. Siswa secara kreatif mengidentifikasi menghitung besar gaya yang berkaitan dengan hukum Newton 2.3. Konfirmasi a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa b. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi c. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa d. Menutup pelajaran | 20 Menit |
Pertemuan ketiga
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.1 Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam b. Memeriksa kehadiran siswa c. Apersepsi § Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya § Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini § Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini d. Motivasi menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.1 Eksplorasi a. Siswa menyimakpresentasi guru tentang gerak (GLB dan GLBB) b. Siswa membaca buku referensi dan modul tentang gerak (GLB dan GLBB) c. Siswa membaca modul tentang gerak (GLB dan GLBB) 2.2 Elaborasi a. Siswa secara kreatif mengidentifikasi contoh-contoh gerak (GLB dan GLBB) b. Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang gerak (GLB dan GLBB) c. Siswa secara kreatif mengidentifikasi menghitung gerak (GLB dan GLBB) 2.3. Konfirmasi a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa b. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi c. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa d. Menutup pelajaran | 20 Menit |
Pertemuan keempat
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.1 Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam b. Memeriksa kehadiran siswa c. Apersepsi § Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya § Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini § Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini d. Motivasi Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.1 Eksplorasi a. Siswa menyimakpresentasi guru tentang gerak melingkar b. Siswa membaca buku referensi dan modul tentang gerak melingkar c. Siswa membaca modul tentang gerak melingkar 2.2 Elaborasi a. Siswa secara kreatif mengidentifikasi contoh-contoh gerak melingkar b. Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang gerak melingkar c. Siswa secara kreatif mengidentifikasi menghitung gerak melingkar 2.3. Konfirmasi a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa b. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi c. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa d. Menutup pelajaran | 20 Menit |
Pertemuan kelima
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal 1.2 Pendahuluan: e. Guru mengucapkan salam f. Memeriksa kehadiran siswa g. Apersepsi Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini h. Motivasi Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini. | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti 2.3 Eksplorasi d. Siswa menyimakpresentasi guru tentang gerak melingkar e. Siswa membaca buku referensi dan modul tentang gerak melingkar f. Siswa membaca modul tentang gerak melingkar 2.4 Elaborasi d. Siswa secara kreatif mengidentifikasi gaya e. Siswa diajak berfikir untuk menghitung menggunakan rumus gaya f. Siswa secara kreatif mengidentifikasi menghitung gaya 2.3. Konfirmasi d. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa e. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi f. Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif | 60 Menit |
3 | Kegiatan Akhir 3.1 Penutup e. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini f. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan. g. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa h. Menutup pelajaran | 20 Menit |
F. Alat dan sumber belajar
1. Modul FISIKA
2. Buku LKS FISIKA
3. Buku Pegangan Guru/ Siswa
4. Modul FISIKA
5. LKS
G. Tugas
1. Tugas terstruktur
2. Tugas Non terstruktur/ Tugas mandiri
H. Penilaian
1. Teknik :
2. Bentuk Instrumen :
3. Soal/ Instrumen :
Soal
1. Sebuah kendaraan melaju dengan kecepatan 40 m/s mendapatkan percepatan tetap 2 m/s. Setelah 100 m, berapakah kecepatan yang telah dialami oleh kendaraan tersebut?
2. Sebuah benda jatuh bebas tanpa hambatan dari ketinggian 20 m. Berapakah kecepatan benda tepat saat menumbuk lantai?
3. Sebuah mobil bermassa 1.500 kg. Hitunglah berat mobil tersebut?
4. Hitunglah gaya normal pada benda (m = 12 kg) dan terletak pada bidang miring 600?
5. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 90 km/jam, saat mendekati lampu merah mobil direm teratur dan berhenti dalam waktu 5 detik. Tentukan :
a. Perlambatan
b. Jarak tempuh selama pengereman
6. Sebuah balok massa 4 kg berada di atas lantai licin mula-mula dalam keadaan diam, kemudian banda ditarik dengan gaya 16 N selama 10 detik, tentukan :
a. Percepatan balok
b. Jarak yang ditempuh benda selama 10 detik
7. Dua buah roda A dan B dihubungkan dengan sabuk, jika Rp =50 cm, Rq = 30 cm dan kecepatan linier roda Q adalah 12 π m/s, tentukan :
a. Frekuensi roda Q
b. Kecepatan sudut roda A
c. Frekuensi roda A
Jawaban
1. 44,72 m/s (2)
2. 20 m/s (2)
3. 15.000N (2)
4. 60N (2)
5. -50 m/s dan 62,5 m (4)
6. 40 m/s dan 200 m (4)
7. 20 Hz, 24 πrad/s, 12 Hz (4)
Tasikmalaya, Juli 2015
Kepala Sekolah GURU MAPEL
Sukirman, SE Dina Suci Wahyuni, S.Pd
Similarly, the discussion about the article RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 2, Hopefully with such a short review on the post RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 2 this, You've really find information about what is needed now. If you feel bermanfaatt with their reviews here, do not forget to distribute to the people closest to you, the info service facility Share Share Facebook and Twitter are available on this site.
This time you're reading an article with the title RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 1 - BAG. 2 with a url link address https://xivanpost.blogspot.com/2016/08/rpp-fisika-untuk-smk-kelas-x-tkj_68.html thanks for reading and do not forget to read the other reviews as well.