Menjadi Penulis Hebat

Menjadi Penulis Hebat - Hei, Welcome To Xivan Post Blog, In this page, I Will inform you about Menjadi Penulis Hebat, I hope you can enjoy reading this , it's the result of automatic content collection, To remind these info on the post review Menjadi Penulis Hebat it's advisable to be distributed to social media, I hope Helpful, view more clearly direct the info below.


Sepuluh Tips Menjadi Penulis Sukses

Untuk bisa menulis dengan baik, Anda perlu berlatih sebanyak dan sesering mungkin. Anda bisa menulis di blog pribadi atau di buku harian. Yang penting lakukan hal itu dengan tekun dan konsisten.

Berikut ini sepuluh tips penting yang bisa saya sarankan:

• Menulis dengan ringkas, padat dan sekaligus menarik. Semakin sering Anda menulis, semakin terampil Anda menggunakan kata atau kalimat yang relevan saja. Tidak ada kata-kata yang tersaji tanpa arti. Satu kata akan menambah makna tulisan Anda. Ini bukan sekedar menambah jumlah halaman.

• Menulis sebaiknya tidak dilakukan sambil mengedit. Itu dua tahap yang sebaiknya dilakukan terpisah.

• Bagilah tulisan dalam beberapa paragraf pendek. Idealnya, satu paragraf itu mengungkapkan satu ide pikiran. Pecah-pecahlah panjang dan struktur kalimat Anda sedemikian rupa agar tidak membosankan pembaca. Kalimat-kalimat yang runtut dan tidak berbelit-belit akan memberi kenyamanan pembaca tulisan Anda.

• Menulis dengan jelas. Ini juga bisa berarti menulis dengan spesifik, tidak mengawang atau melebar tanpa relevansi dengan topik yag dibicarakan. Pembaca akan kesal setengah mati saat terjebak dengan bacaan yang tidak jelas isinya. Ingatlah bahwa pembaca tidak selalu punya banyak waktu.

Sebuah novel yang tebal, kalau isinya menarik dan mengikat minat pembaca itu jelas berbeda dengan sebuah tulisan sependek satu halaman yang menuai cercaan pembaca karena isinya yang tidak jelas bagi pembacanya.

• Pentingnya bahasa yang komunikatif. Menulislah seakan sedang berbicara – alami dan tanpa berpretensi sok tahu dengan memakai bahasa ilmiah. Ini berlaku untuk banyak ragam tulisan, baik fiksi atau non-fiksi. Perkecualian bisa dipahami apabila Anda menulis buku pelajaran atau bahan studi (textbook). Hindarilah istilah yang hanya diketahui oleh kalangan tertentu (jargon).

• Menulis dengan pesan yang kuat. Ini bisa dilakukan bila Anda mengembangkan tulisan berdasarkan ide pokok yang jelas.

• Tunjukkan pembaca Anda tentang sesuatu, bukan menceritakannya. (Show, don’t tell). Dalam tulisan non-fiksi, ini bisa dilakukan dengan menulis hal-hal secara spesifik, tidak mengambang atau abstrak. Itu sebabnya kalimat pendek, tapi menyajikan fakta lebih disarankan daripada kalimat panjang berbelit dengan pokok ide yang kabur.

Dalam tulisan fiksi, ini dilakukan dengan memberi deskripsi tentang suatu keadaan atau karakter. Contoh: "Anak kecil itu pakainnya lusuh dan compang-camping. Melihatnya membuatku teringat wajah kakek berumur 80 tahun, kulit keriput, rambutnya tipis dan pudar warnanya."

• Menulis dengan jujur. Jadilah diri sendiri. Ini akan tercermin dari cara Anda mengungkapkan pokok pikiran yang Anda yakini kebenarannya. Kejujuran yang terungkap dalam kesederhanaan menulis akan menjadi kualitas tulisan itu sendiri. Maka Anda akan terhindar dari keinginan menulis berbunga-bunga dan mengada-ada dan tidak menambah arti atau kejelasan.

• Menulis dengan bersemangat namun penuh pengendalian diri. Ini sebuah paradoks.  Bersemangat menyampaikan apa yang Anda inginkan agar diketahui pembaca. Mengendalikan diri untuk menulis semua hal yang mungkin tidak berhubungan dengan pokok pikiran.  Ini paradoks dari menulis dengan semangat tak terkendali.

• Membaca dan membaca. Anda harus berbelanja dulu sebelum bisa menjual barang bagus. Ini hanya ungkapan bahwa agar bisa menulis bagus, kita perlu membaca buku-buku bermutu sebagai perluasan wawasan dan kemampuan apresiasi tentang tulisan yang bagus itu.

Demikian, selamat menulis dan semoga Anda menjadi penulis berhasil.



Indria Salim
Anggota Komunitas Penulis Perempuan Women Script
 

 

 

Cara Sederhana Menjadi Penulis Hebat

Entah perasaan saya saja atau gimana, rasanya akhir-akhir ini profesi sebagai penulis atau blogger menjadi sebuah pilihan karir yang ‘kece’. Berbeda dengan dulu, banyak orang yang bilang bahwa menjadi penulis tidak memiliki masa depan yang jelas. Bayarannya sedikit, dan tidak mungkin menjadi kaya raya.

Sebenarnya tergantung tujuannya sih. Menurut saya, orang yang menulis karena ingin kaya akan sangat rentan kehilangan semangat. Namun, orang yang memang menulis dari hati, ingin berbagi manfaat dan karya, justru akan menghasilkan materi luar biasa yang tidak terduga.
Dalam sebuah seminar kepenulisan, saya pernah ditanya oleh peserta. Apa sih yang membedakan seorang penulis hebat dengan penulis yang biasa-biasa saja? Berikut ini akan saya berikan dua cara sederhana untuk menjadi penulis luar biasa yang saya dapatkan seorang penulis hebat.

Saya mengutip sebuah kalimat dari Stephen King, “If you want to be a writer, you must do two things above all others: read a lot and write a lot.”
Saya sependapat dengan kalimat di atas. Jika kita ingin menjadi penulis, maka lakukanlah dua hal: banyak membaca serta banyak menulis. Banyak dari kita yang ingin menjadi penulis, namun malas membaca, apalagi menulis.
Memang benar ada teknik lain agar kita bisa menjadi seorang penulis hebat, namun dua hal di atas adalah teknik yang paling mendasar. Pertama, banyak membaca. Seorang penulis hebat umumnya adalah seorang yang sangat rakus membaca. Saya terinspirasi dari salah satu guru saya, Pak Sapto Waluyo. Beliau adalah seorang jurnalis dan penulis produktif. Hebatnya lagi beliau selalu tahu apa yang saya tanyakan dan nyambung dengan segala topik diskusi. Baik yang sedang hangat ataupun isu-isu lama. Banyak membaca memperkaya wawasan dan sangat membantu untuk menjadi penulis yang hebat.
Selanjutnya adalah banyak menulis! Ya, tuliskanlah apapun yang terlintas di kepala kita. Saran saya, untuk tahap awal tuliskanlah dulu apa adanya. Tidak perlu pusing memikirkan editing atau tata bahasa, apalagi EYD. Paling penting adalah bagaimana kita bisa mengkomunikasikan gagasan kita melalui tulisan tersebut. Terus berlatih dan berlatih. Sebaiknya alokasikan waktu khusus untuk menulis setiap hari, entah itu di atas kertas, menulis diary, blogging, atau mengirimkan artikel ke media massa.
Saya sendiri saat ini selalu mengagendakan untuk membeli buku atau membaca 3 buku baru selain buku kuliah dan mengalokasikan waktu 2 jam per hari untuk membaca. Menurut saya itu pun masih kurang karena saya sadar semakin saya membaca, semakin banyak hal yang saya tidak tahu. Apalagi jika sudah menggunakan media internet di mana informasi dan wawasan sedemikian berlimpah! Saya juga membiasakan menulis setiap hari di blog ini, bahkan walaupun hari libur sekalipun.
Alhamdulillah walaupun belum jadi penulis sukses, namun saya senang dengan berbagai respon terhadap tulisan-tulisan saya baik yang ada di blog ini ataupun di media massa. Berawal dari tulisan saya yang random dan benar-benar antah-berantah, sekarang tulisan saya justru sangat dinikmati oleh pembaca. Banyak yang mengirimkan email ucapan terima kasih karena terinspirasi oleh tulisan saya. Saya pun semakin terlecut untuk terus belajar menghasilkan karya-karya tulisan yang lebih baik lagi ke depannya.
Sekaligus memperingati momen tahun baru hijriyah, mari kita sama-sama berdoa semoga kita diberikan usia dan diridhoi untuk mengisi usia kita dengan karya yang jauh lebih baik daripada karya-karya kita di tahun sebelumnya. http://arryrahmawan.net



25 Tips Jadi Penulis Bestseller

Bagaimana cara menulis buku bestseller? Semua jawaban banyak dicari oleh mereka yang berselancar di dunia maya melalui google. Mereka mencari tips instan dan memaksakan diri untuk keluar dari bakat dan semangat menulis mereka sendiri yang sebenarnya sama sekali tidak memerlukan tips tersebut.
Sekolah menulis itu baik, tetapi sekolah menulis tidak mengajarkan berbagai kebutuhan nurani sebagai seorang menulis, jika menulis tidak semata rupiah melainkan membangun peradaban manusia yang utuh dan holistik.
Di bawah ini, saya menemukan 25 tips dan wawasan cara menulis bestseller dari beberapa penulis yang luar biasa yang saya sunting dari laman 99.u.com. Mereka, semuanya terfokus pada seni menulis. Sebagian besar tips berhubungan untuk mendorong hal-hal besar kedepan yang lebih kreatif.
  1. PD. James: Jangan hanya berencana untuk menulis dan menulis. Hanya dengan menulis, kita bisa mengembangkan gaya kita sendiri.

  2. Steven Pressfield: Saat pertama kali sebelum Anda siapkanlah untuk melakukan perlawanan terhadap banyak waktu dan kesempatan. Perlawanan akan menjadi keberanian ditengah keraguan.

  3. Ester Freud: Temukan rutinitas Anda. Cari waktu terbaik hari untuk menulis. Jangan biarkan apa pun mengganggu.

  4. Zadie Smith: Menulis seperti bekerja pada komputer yang terputus dari internet.

  5. Kurt Vonnegut: Cari topik yang Anda sayangi. Ini adalah kepedulian yang tulus. Bukan semata permainan Anda dengan bahasa dan menjadikannya sebagai elemen paling menarik dan menggoda dalam gaya Anda. Saya tidak mendesak Anda untuk menulis sebuah novel. Tetapi, meskipun begitu, Anda tidak akan menyesal jika menulis satu saja, asalkan Anda benar-benar peduli tentang sesuatu.

  6. Maryn McKenna: Jaga pikiran Anda agar terorganisir. Jangan terobsesi dengan model menulis yang tampaknya orang lain memilikinya dan lebih baik. Cobalah menahan diri untuk mencobanya apapun itu, kecuali: didukung oleh orang-orang yang bekerja dan mereka tahu dengan metode seperti Anda sendiri. Kemudian, Anda tahu bahwa Anda dapat menerapkannya dengan cepat dan mudah tanpa banyak penimbunan.

  7. Bill Wasik:  Menulis perlu memiliki garis besar, dan melekat sebagai penyelamat Anda menulis. Garis besar Anda akan mendapatkan Anda melalui periode tertentu, ketika Anda tidak mungkin membayangkan sebelumnya bisa menyelesaikan berbagai tulisan terbaik dan Anda melihatnya sebagai urutan lebih dari 1.000 bagian kata.

  8. Joshua Shenk : Mungkin Anda sulit untuk mengetahui bentuk draf pertama tulisan. Menulis dan menulis ulang sampai tiga kali pada saat pertama kali dan selanjutnya memiliki keberanian untuk menulis buruk.

  9. Water Sarah : Perlakukan menulis sebagai pekerjaan. Graham Greene terkenal menulis 500 kata per hari. Jean Plaidy berhasil menulis 5.000 kata sebelum makan siang, kemudian sorenya menghabiskan waktu menjawab surat dari penggemar. Saya perhari minimal 1.000 kata yang kadang-kadang mudah untuk dicapai.

  10. Jennifer Egan : Bersedia untuk menulis buruk buruk. Ini tidak akan menyakiti Anda untuk melakukan itu. Bagi saya, awal yang buruk hanya sesuatu untuk membangun. Ini bukan masalah besar. Anda harus memberanikan diri Anda untuk melakukan, karena Anda tidak dapat mengharapkan untuk menulis secara teratur dan selalu menulis dengan baik.

  11. Al Kennedy : Jadilah menulis tanpa rasa takut. Ini tidak mungkin, tetapi membiarkan ketakutan kecil dan sebaiknya Anda diamkan saja.

  12. Will Alone : Jangan melihat ke belakang sampai Anda sudah menulis sebuah draft secara keseluruhan. Mulailah menulis setiap hari dari kalimat awal sampai terakhir. Hal ini mencegah perasaan takut dan berarti bahwa Anda memiliki kemampuan untuk bekerja sebelum Anda turun ke karya nyata. Editlah tulisan tersebut.

  13. Haruki Murakami : Bangunkanlah kemampuan Anda untuk berkonsentrasi.  Penulis Raymond Chandler mengaku, bahwa ketika dia tidak menulis apa pun, dia memastikan duduk di mejanya setiap hari dan berkonsentrasi. Saya mengerti maksud dia melakukan hal itu. Ini adalah cara Chandler mengumpulkan stamina fisik seorang penulis professional. Ini semacam latihan harian yang sangat diperlukan.

  14. GeoffDyer : Memiliki lebih dari satu ide membutuhkan waktu. Jika ada pilihan antara menulis buku dan melakukan apa-apa yang lain, saya selalu akan memilih yang terakhir. Saya lakukan ini, jika memiliki ide untuk dua buku yang saya pilih salah satunya.

  15. Augusten Burroughs : Jangan bergaul dengan orang-orang yang negatif yang tidak mendukung tulisan Anda. Bertemanlah dengan penulis sehingga Anda memiliki sebuah komunitas. Mudah-mudahan, komunitas Anda dari teman-teman penulis akan baik. Mereka akan memberikan umpan balik yang baik sekaligus kritik yang membangun.

  16. Neil Gaiman : Ketika orang mengatakan sesuatu yang salah atau tidak bekerja untuk mereka hampir selalu benar. Ketika mereka memberitahu Anda apa yang mereka anggap salah dan bagaimana memperbaikinya, mereka hampir selalu salah.

  17. Margaret Atwood : Anda tidak pernah bisa membaca buku sendiri, dan halaman yang lezat pertama dari sebuah buku baru. Oleh karena itu, mintalah teman atau dua teman untuk membaca sebelum Anda memberikannya ke penerbit. Teman ini tidak boleh ‘sesuatu’ dengan Anda atau memiliki hubungan romantis, kecuali jika Anda ingin putus.

  18. Richard Ford : Cobalah untuk memikirkan keberuntungan orang lain sebagai dorongan untuk diri sendiri.

  19. Helen Dunmore :  Menulislah disuatu hari ketika Anda masih ingin melanjutkannya.

  20. Hilary Mantel : Jika Anda terjebak dengan tersumbat ide menulis, menjauhlah dari meja Anda. Berjalan-jalan, mandi, pergi tidur, membuat kue, menggambar, mendengarkan musik, bermeditasi, berolahraga, atau apa pun yang Anda lakukan. Janganlah cemberut! Tapi jangan membuat panggilan telepon atau pergi ke pesta. Jika Anda melakukannya, Anda harus kehilangan kata-kata. Bersabarlah!

  21. Cory Doctorow : Menulis bahkan ketika dunia ini kacau. Anda tidak perlu rokok, keheningan, musik, kursi yang nyaman, atau kedamaian batin untuk menulis. Anda hanya perlu sepuluh menit dan alat menulis.

  22. Chinua Achebe : Saya percaya diri bahwa penulis yang baik tidak perlu diberitahu apa-apa kecuali untuk terus melakukannya. Setelah Anda benar-benar melakukan semua yang Anda bisa, maka Anda dapat menunjukkannya kepada orang-orang.

  23. Joyce Carol Oates : Saya telah memaksakan diri untuk mulai menulis ketika saya sudah benar-benar habis. Ketika aku merasa jiwaku setipis kartu bermain. Ketika tidak ada yang tampak layak bertahan selama lima menit, dan entah bagaimana kegiatan menulis mengubah segalanya. Atau muncul untuk melakukannya.

  24. Anne Enright :  Cara untuk menulis buku adalah untuk benar-benar menulis sebuah buku. Sebuah pena berguna, mengetik juga baik.Terus menempatkan kata-kata di halaman.

  25. Sehabuddin : (tips tambahan dari saya) Jika Anda tidak menemukan pengakuan lingkungan sosial bahwa Anda manusia, maka menulislah sampai menjadi buku bestseller. Orang akan kaget dengan Anda, dan merekapun tanpa rasa malu akan menyalami Anda dan mengucapkan selamat. Menulislah selagi Anda membutuhkan perasaan jujur, atas tindakan dan harapan diluar sana yang perlu diselamatkan dan diwariskan peradaban.



7 Tips, Menulis Jadi Gampang

Menjadi penulis yang baik, tentunya mengharuskan kita untuk berlatih dan bekerja keras semaksimal mungkin. Anda bisa menulis dimana saja, di blog pribadi, mengirim artikel ke media massa, atau bahkan dengan hanya membuat catatan harian. Yang penting hal tersebut dilakukan secara konsisten.
Ini adalah 7 tips penting saat menulis yang mampu saya berikan:
1. Menulislah dengan ringkas dan tidak berbelit-belit. Bisa anda dapatkan dengan rutinitas menulis. Setiap kata yang anda tulis memiliki makna atau tidak ada kata yang sekedar menambah panjang tulisan.
2. Saat menulis jangn melakukannya sambil mengedit, agar supaya apa yang anda pikirkan dapat tertuang secara continue.
3.Lakukan pembagian paragraf, dalam mengungkapkan suatu ide pikiran yang akan anda tuangkan. Dampaknya akan membuat pembaca merasa nyaman dengan tulisan anda.
4. Menulislah dengan spesifik berdasarkan judul yang telah anda buat. layaknya diskusi yang mengambang jauh dari topik membuat orang menjadi risih begitupula tulisan yang mengambang jauh dari topik akan membuat pembaca merasa tertipu dan kurang nyaman.
5. Menulislah dengan bahasa yang komunikatif, dengan pembaca. Usahakan tulisan tidak sekedar text book, yang hanya berisi bacaan 1 arah. Buatlah tulisan seakan-akan anda sedang berhadapan dengan pembaca.
6. Menulislah dengan informasi utama yang jelas. Hal itu membuat tulisan anda lebih dapat dipercaya. lengkapi keterangan waktu, tempat, dan keterangan lainnya yang dianggap perlu.
7. Tunjukkan integritas anda dengan menulis yang jujur. menulis yang jujur akan membuat tulisan anda jelas dan membuat pembaca tidak bingung dengan isi tulisan anda.




7 Cara Menulis Artikel Yang Berkualitas Serta Standart SEO

Tips kali ini adalah 7 Tips Menulis Artikel Yang Berkualitas Serta Standart SEO. Nah, sobat Acep-Computer, kini tiba saatnya kita masuk dalam pengoptimisasi SEO Onpage dengan cara membuat artikel yang menarik dan berkualitas berstandar SEO Onpage. Jika kita sudah membuat artikel tersebut, maka akan secara otomatis google dan mesin pencari lainnya akan sangat menyukai artikel yang telah kita buat.

Sebelumnya, pastikan sobat terlebih dahulu meriset kata kunci yang akan sobat pakai dalam membuat Artikel Yang Menarik dan Berkualitas. Cara sederhana melakukan riset kata kunci yang baik dan benar adalah dengan menulis kata kunci yang kita inginkan di google dan menggabungkan beberapa kata kunci yang berada di artikel teratas dan kedua.
Cara Lainnya adalah dengan melakukan riset di Google Keyword Tool. Pasti sudah pada tahu kan cara memakai tools tersebut ?
Setelah sobat menentukan kata kunci yang akan dibuat dalam artikel, maka kita telah siap Menulis Artikel Yang Berkualitas Serta Standart SEO. Perhatikan 7 Tips Dibawah Ini :
1. Pemilihan Judul Artikel

Pemilihan judul artikel sangat mempengaruhi dalam SEO Onpage. Semakin judul posting yang sobat buat bagus, Semakin besar pula peluang anda untuk mendapatkan trafik yang besar. Cara menulis judul artikel yang baik bisa dengan cara berikut ini :
  • Buat judul artikel yang sesuai dengan tema. Coba anda tulis judul artikel yang sesuai dengan tema. Maka artikel anda akan disuka oleh si pembaca dan juga dapat nilai plus dari google. Coba bayangkan apa yang terjadi jika anda menulis artikel yang tidak sesuai dengan tema? Apa yang terjadi? "This Is Question Of Life" (ngomong pake logatnya om dedi corbuzier) hahaha :D
  • Buat judul artikel yang menarik perhatian orang banyak. Meskipun artikelnya biasa-biasa saja, tapi jika judul artikelnya luar biasa kan bisa menarik pengunjung untuk membaca artikel tersebut.
  • Buat judul dengan kata-kata yang menarik. Sadarkah anda? Pasa kita saat membaca artikel orang lain, kita telah terpancing oleh judul dengan kata-kata yang menarik seperti : Inilah.... Rahasia.... Gratis.... Tutorial.... Bagaimana..... Jutaan/Ribuan/Puluhan..... (menyatakan jumlah).
  • Buat artikel list atau daftar. Buatlah judul postingan yang mengandung paduan huruf dan angka yang mengartikan sebuah daftar tentang suatu, contohnya 7 Tips Mencegah Kebakaran Mobil dengan Alat Pemadam Api. Selain menarik minat pembaca, google memberi nilai lebih pada isi artikel yang berisi daftar dan menggunakan bullet & numbering.
2. Pemilihan URL Artikel

Pemiliha URL artikel juga bisa menjadikannya sebagai kata kunci. Tidak percaya ? Coba anda lihat gambar ini :
7 Cara Menulis Artikel Yang Berkualitas Serta Standart SEO
Nah disana sudah terlihat jelas bahwa KOMPUTER pada url artikel bisa menjadi keyword. Tapi masalahnya di blogspot jika kita menulis judul artikel yang panjang, maka url tersebuat akan terpotong. Kan sedikit kesal juga sih. Tapi tak mengapa, Kali ini blogspot juga sudah bisa memodifikasi url artikel yang panjang sehingga tidak akan terpotong. Untuk tutorialnya saya rasa sobat sudah bisa memakainya sendiri. hehehe :D


3. Gunakanlah Label Di Setiap Postingan Artikel

Selain untuk membantu aliran ke halaman-halaman artikel saat dipasang di Sidebar atau Widget, Label juga sangat penting untuk pencarian kategori yang dicari oleh pengunjung blog anda. Jika memakai lebih dari satu label pisahkan dengan koma agar labelnya bisa terlihat lebis sexy. wkwk :p

4. Pastikan Sobat Telah Memasang Meta Deskripsi

Meta deskripsi ini yang akan ditampilkan pada snippet hasil pencarian Google, jadi pastikan meta deskripsi ini juga menggunakan kata kunci yang ada di artikel anda. Panjang meta deskripsi itu tidak perlu terlalu panjang, 150 karakter itu sudah memadai.

5. Buatlah Artikel yang Teroptimisasi

Untuk membuat Artikel yang SEO Friendly anda perlu mengikuti aturan-aturan berikut ini :

  • Panjang artikel minimal kurang lebih 500 kata
  • Setiap kata kunci setidaknya diulangi 3 kali di dalam artikel
  • Kata kunci yang muncul pertama kali harus di bold atau italic
  • Gunakan bahasa yang baku agar kualitas artikel tidak berkurang
  • Jika bisa, buat lagi satu frasa dengan kata kunci di dalam artikel dan beri tag Heading H2 atau H3


6. Pemasangan Gambar Disetiap Postingan

Pastikan gambar yang anda pasang mengandung Alt tag. Alt tag ini bertugas memberitahu Google tentang isi gambar, karena Googlebot belum bisa mengenali gambar yang kita posting. Ukuran file gambar juga jangan terlalu besar, karena bisa mempengaruhi waktu loading halaman. Idealnya adalah dari 10-90kb. Bagi pemakai blogspot, gambar sebaiknya langsung diupload saat menulis artikel, dan jangan dihosting di image hosting yang lain. Karena kadang hosting lain tidak bisa mengimbangi kecepatan loading gambar dari blogspot.

7. Memasang Link Di Dalam Artikel

Ikuti aturan pemasangan link yang SEO Friendly dalam postingan :

  • Pastikan semua link ternuka di Tab Baru untuk menghindari kelanjutan pembacaan artikel oleh pengunjung
  • Bedakan link yang keluar dan link yang menuju halaman blog anda sendiri. Untuk link yang keluar pastikan menggunakan rel="nofollow", sedangkan yang menuju artikel sendiri tidak perlu nofollow.
  • Usahakan dalam artikel anda setidaknya ada dua link menuju artikel lain di blog anda. Interlink seperti ini sangatlah penting untuk meningkatkan kemampuan robot mesin pencari mengindeks blog anda.


Demikianlah beberapa faktor-faktor yang sangat penting dalam pembuatan Artikel Yang Menarik dan Berkualitas serta Standar SEO dalam Melakukan Optimisasi SEO Onpage Pada Blog. Jika menerapkan semua hal diatas maka jelas artikel anda berada diurutan teratas dalam google atau mesin pencari lainnya. Jika cara diatas tidak berhasil, maka masih ada beberapa faktor lainnya yang bisa menghambat tutorial diatas tadi. contohnya blog belum di submit ke search engine, umur blog, dan faktor muka. Eits salah maksudnya faktor kerja keras dari sang empunya blog.

 


 

 


More on this Topic :




Similarly, the discussion about the article Menjadi Penulis Hebat, Hopefully with such a short review on the post Menjadi Penulis Hebat this, You've really find information about what is needed now. If you feel bermanfaatt with their reviews here, do not forget to distribute to the people closest to you, the info service facility Share Share Facebook and Twitter are available on this site.


This time you're reading an article with the title Menjadi Penulis Hebat with a url link address https://xivanpost.blogspot.com/2013/02/menjadi-penulis-hebat.html thanks for reading and do not forget to read the other reviews as well.